Model Penguatan Kelompok Tani Ternak Makmur Dalam Meningkatkan Usaha Tenak Sapi Perah Desa Tambak Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali

  • Kamalia Ulfa Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Sugihardjo Sugihardjo
  • Joko Winarno

Abstract

Pengembangan usaha ternak sapi perah tentunya tidak terlepas dari peranan kelompok peternak dalam mengupayakan usaha ternaknya agar mendapat nilai tambah serta efisien dalam pengelolaannya. Upaya yang perlu dikembangkan dalam membina dan memantapkan kelompok peternak adalah memperkuat kelembagaan ekonomi petani peternak di pedesaan. Melalui kelompok peternak sapi diharapkan para peternak dapat saling berinteraksi, sehingga mempunyai dampak saling membutuhkan, saling meningkatkan, saling memperkuat, sehingga akan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam mengelola sistem usaha peternakan sapi perah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal serta potensi dan upaya Kelompok Tani Ternak Makmur dalam mengembangkan usaha ternak sapi perahnya sehingga dapat mengkonstruksikan model pengutan Kelompok. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja di KTT Makmur Boyolali. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kualitatif. Penentuan informan dilakukan dengan teknik proposive sampling dan analisis data menggunakan model analisis data interaktif miles dan huberman.  Validitas data diperoleh dengan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Berdasarkan hasil penelitian terdapat fakor internal dan faktor eksternal yang mendukung maupun menghambat keberjalanan kelompok. Potensi yang dimiliki kelompok adalah kelompok sudah sejak lama berjalan aktif sehingga anggota sudah terbiasa dengan kegiatan pemeliharaan sapi perah, cukup tersedianya pakan hijauan serta sudah adanya petugas peternakan. Adapun upaya yang dilakukan kelompok adalah pembenahan sarana prasarana, peningkatan kapasitas melalui pembinaan peternak, pemeriksaan kesehatan ternak, dan evaluasi kegiatan usaha ternak. Konstruksi model penguatan kelompok disusun berdasarkan potensi, harapan dan kebutuhan kelompok. Konstruksi model yang didapat yaitu melalui restuktur kelembagaan kelompok dan pengembangan usaha melalui pembibitan sapi perah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Habibi, Muazar MA. 2018. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini (Buku Ajar S1 PAUD). Deepublish : Yogyakarta.

Majdi, Udo Yamin Efendi. 2007. Quranic Quotient. Jakarta: Qultum Media.

Malayu SP. 2007. Organisasi dan Motivasi. Jakarta : Bumi Aksara.

Mardikanto, T, & Soebiato P. 2013. Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandubg: Alfabeta

Miftakhul, Amin. 2016. Problem Keluarga TKI di Desa Siwalan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik .Skripsi. Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Ampel Surabaya

Muslim, Chairul. 2006. Peranan Kelompok Peternak Sapi Potong Dengan Pendekatan Sistem Integrasi Padi Ternak (SIPT) Di Nusa Tenggara Barat, Jawa Timur, Dan Jawa Barat.Pusat Analisis Sosial Ekonomi Dan Kebijakan Pertanian Badan Litbang Departemen Pertanian, Bogor

Schultz, D., Schultz, S E. 2006. Psychology & work today ninth edition. New Jersey : Pearson Education. Inc.

Siahaan, Frengki C H. 2010. Pengaruh sikap dan motivasi masyarakat terhadap partisipasi pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) di Kecamatan Candisari Kota Semarang.Thesis. Universitas diponegoro semarang.

Snyder, C. R., dan Lopez (2007). Positive Psycyhology in Scientic and Practical Exploration of Human Strength. London: Sage Publication

Suresti A dan R.Wati. 2012. Strategi Pengembangan Usaha Sapi Potong. Jurnal Peternakan Indonesia. 14 (1), 249-262.

Wahjadin, Sumpeno .2011. Perencanaan Desa Terpadu : Reinforcement Action and Development Banda aceh. Jakarta : Read Indonesia.

Weil, B J and Calhoun. 2000. Models Of Teaching. Newyork: A Person Education Company.

Wicaksono, A. dan Mirnawati S. 2016. Peningkatan Kualitas Susu Peternakan Rakyat di Boyolali melalui Program Penyuluhan dan Pendampingan Peternak Sapi Perah. Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat. 2 (2): 55-60.

Widodo, Margo. 2017. Proposal Pengembangan Pembibitan Sapi Perah. Diajukan Oleh KTT Makmur, Cermo,Tambak, Mojosongo, Boyolali.
Published
2020-11-18
How to Cite
ULFA, Kamalia; SUGIHARDJO, Sugihardjo; WINARNO, Joko. Model Penguatan Kelompok Tani Ternak Makmur Dalam Meningkatkan Usaha Tenak Sapi Perah Desa Tambak Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Jurnal Ilmu dan Teknologi Peternakan Indonesia (JITPI), Indonesian Journal of Animal Science and Technology, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 59-70, nov. 2020. ISSN 2656-4645. Available at: <http://jitpi.unram.ac.id/index.php/jitpi/article/view/59>. Date accessed: 19 apr. 2021. doi: https://doi.org/10.29303/jitpi.v6i2.59.