Kajian Potensi Ikan Sepat Rawa (Trichopus trichopterus) Lebo Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat Sebagai Pakan Unggas

  • Ahmad Furqon Irianto
  • Taufikkurrahman Taufikkurrahman
  • Dwi Kusuma Purnamasari
  • Erwan Erwan
  • I K.G. Wiryawan
  • Syamsuhaidi Syamsuhaidi
  • Pardi Pardi

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui potensi ikan sepat rawa Lebo Taliwang sebagai pakan unggas, meliputi produksi, ketersediaan, kualitas nutrisi, dan kandungan logam berat. Penelitian ini menggunakan metode survey yakni penggalian informasi tentang karakteristik Lebo Taliwang, prediksi produksi ikan sepat melalui perhitungan frekuensi penjaringan dalam waktu tertentu, dan pengkajian ketersediaannya sepanjang masa, serta analisis kandungan bahan kering, abu, protein kasar, lemak kasar, serat kasar (Ca, P) dan kadar logam (Cu, Pb dan Hg) dari ikan sepat. Data ditabulasi dan dianalisis secara deskriptif. Hasil kajian
menunjukkan bahwa Lebo Taliwang merupakan danau yang ditumbuhi banyak tumbuhan air dan menjadi habitat berbagai species ikan termasuk ikan sepat. Air Lebo Taliwang tidak pernah mongering sehingga Ikan sepat selalu tersedia sepanjang masa. Ikan sepat aman dikonsumsi oleh unggas karena kandungan nutrisinya tinggi dengan kadar protein (50.69%) dan mineral Ca (2.87%), serta kadar Cu, Pb, dan Hg yang rendah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah produksi ikan sepat di Lebo Taliwang relatif tinggi dan tersedia sepanjang tahun sehingga potensial dijadikan sebagai pakan unggas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-19
How to Cite
IRIANTO, Ahmad Furqon et al. Kajian Potensi Ikan Sepat Rawa (Trichopus trichopterus) Lebo Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat Sebagai Pakan Unggas. Jurnal Ilmu dan Teknologi Peternakan Indonesia (JITPI), Indonesian Journal of Animal Science and Technology, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 35-45, june 2019. ISSN 2656-4645. Available at: <http://jitpi.unram.ac.id/index.php/jitpi/article/view/48>. Date accessed: 26 sep. 2020. doi: https://doi.org/10.29303/jitpi.v5i1.48.