Komposisi Botani, Konsumsi dan Konversi Pakan Sapi Bali Jantan di Kelompok Tunas Karya Desa Teruwai Kabupaten Lombok Tengah

  • Sukarne Sukarne Fakultas Peternakan Universitas Mataram
  • Mastur Mastur Fakultas Peternakan Universitas Mataram
  • Harjono Harjono Fakultas Peternakan Universitas Mataram
  • Yusuf Akhyar Sutaryono Fakultas Peternakan Universitas Mataram
  • Tahyah Hidjaz Fakultas Peternakan Universitas Mataram

Abstract

Pakan merupakan faktor yang sangat penting dalam usaha budidaya peternakan sapi. Ketercukupan kebutuhan pakan bukan hanya diukur dari jumlah pakan yang diberikan, namun perlu juga diperhatikan keberagaman jenis pakan dan kemampuan ternak mengubah bahan pakan yang diberikan untuk meningkatkan bobot badan. Penelitian yang berjudul Komposisi Botani, Konsumsi dan Konversi PakanĀ  Sapi Bali Jantan Di Kelompok Tunas Karya Desa Teruwai Kabupaten Lombok Tengah telah dilaksanakan selama 3 bulan dari bulan Agustus sampai dengan Oktober 2021. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan 3 ekor sapi bali jantan yang ditempatkan pada kandang individu yang telah dilengkapi dengan tempat pakan dan air minum. Variabel yang diamati dalam penelitian ini meliputi komposisi botani, konsumsi dan konversi pakan yang diberikan serta pertambahan berat badan ternak selama penelitian. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pakan yang diberikan pada ternak sapi Bali Jantan yang dipelihara di Kelompok Tunas Karya Desa Teruwai Kabupaten Lombok Tengah terdiri dari 100% hijauan rumput Raja dan 5 kg pakan konsentrat komersial. Konsumsi bahan kering (KBK) 6,78 kg atau 2,36 % dari BB/ekor/hari, sedangkan Konsumsi Bahan Organik (KBO) 5,90 kg/ekor/hari. Pertambahan bobot badan harian (PBBH) tercatat sebesar 0,526 kg/ekor/hari, dengan konversi pakan sebesar (12,1).


Kata Kunci : Komposisi Botani, Konsumsi, Konversi, Pakan, Sapi Bali.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-20
How to Cite
SUKARNE, Sukarne et al. Komposisi Botani, Konsumsi dan Konversi Pakan Sapi Bali Jantan di Kelompok Tunas Karya Desa Teruwai Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Ilmu dan Teknologi Peternakan Indonesia (JITPI), Indonesian Journal of Animal Science and Technology, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 85-93, dec. 2022. ISSN 2656-4645. Available at: <https://jitpi.unram.ac.id/index.php/jitpi/article/view/155>. Date accessed: 07 feb. 2023. doi: https://doi.org/10.29303/jitpi.v8i2.155.